Minggu, 02 September 2018

Resensi Buku



Judul buku : Pendidikan Inklusif & Upaya Implementasinya
Penulis buku : Drs. Dedy Kustawan M.Pd.
Penyunting : Team Redaksi Luxima
Cover : Muchlis Umar
Cetakan         : 1 Juni 2012
Tebal buku : xii + 162 halaman
ISBN : 978-602-7635-18-0



Sinopsis buku :
Buku ini berisi tentang pendidikan inkusif, pendidikan khusus, memahami keberagaman anak berkebutuhan khusus, dan implementasi pendidikan khusus. 
Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Pendidikan inklusif yang menghargai perbedaan anak dan memberikan pelayanan kepada anak sesuai kebutuhannya dan tidak diskriminatif tanpa memandang kondisi fisik, mental, intelektual, sosial, ekonomi, dll. 
Anak berkebutuhan khusus memerlukan layanan yang berbeda dengan anak pada umumnya. Mereka memerlukan layanan pendidikan yang sesuai dengan hambatan belajar dan hambatan perkembangan yang dialami oleh masing-masing anak. Anak berkebutuhan khusus terdiri dari anak berkebutuhan khusus permanen yang memerlukan Pendidikan Khusus (PK) dan anak berkebutuhan khusus temporer yang memerlukan Layanan Pendidikan Khusus (PLK).
Ada banyak pihak yang pro dan kontra dengan pendidikan inklusif maka perlu adanya sosialisasi, pendidikan dan pelatihan, workshop, lokakarya dan serangkaian kegiatan lainnya yang berkenaan dengan pendidikan inklusif kepada semua pihak yang terkait dengan perencanaan dan penyelenggaraan pendidikan agar semua pihak memahami konsep dasar dan upaya implementasi pendidikan inklusif.
Pendidikan itu menjadi tanggung jawab bersama antara sekolah, masyarakat dan pemerintah. Salah satu upaya pemerintah mengantisipasi kesenjangan pendidikan bagi semua anak yaitu dengan mengimplementasikan pendidikan inklusif dengan beberapa rencana aksi atau kegiatan. Implementasi pendidikan inklusif sangat tergantung pada sikap, pengetahuan, fleksibilitas dan kemampuan kreatif untuk memecahkan masalah dan mendesentralisasikan pengambilan keputusan hingga kepada individu guru, orang tua dan peserta didik berkebutuhan khusus. 

Kelebihan buku
Buku ini memberikan informasi yang cukup mendetail dan terperinci tentang pendidikan inklusif & upaya implementasinya sehingga dapat menambah wawasan bagi pembacanya. 
Buku ini secara tidak langsung dapat membuat para pembaca lebih bersyukur atas nikmat sehat yang sudah diberikan oleh Allah SWT karena dapat belajar arti bersyukur dengan kisah anak berkebutuhan khusus yang berbeda beda pada buku tersebut.

Kekurangan buku 
Masih terdapat beberapa kosa kata yang sulit untuk dimengerti dan tidak ada bagian indeks sehingga orang awam khususnya kurang mengerti arti kata tersebut.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar